Bitcoin.co.id

Senin, 21 Agustus 2017

Makalah Zaman Renaissance Daspenjas PJKR



BAB I PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Pada zaman dahulu dunia barat sangat berbeda jauh dengan dunia barat pada zaman sekarang, karena pada zaman sebelum terjadinya sebuah kejadian luar biasa yang kita kenal dengan renaissance, dunia barat dalam keadaaan gelap gulita (Dark Age) tanpa ada cahaya pengetahuan sedikitpun. Perkembangan ilmu pengetahuan sangat dibatasi oleh gereja, sehingga pada masa itu, manusia terbatas oleh aturan-aturan gereja.
Pengaruh renaissance dalam kemajuan peradaban manusia sangat besar, sehingga kita harus dapat memahami semangat dan spirit yang ada pada gerakan ini, kita tidak hanya mengapresiasi gerakan tersebut, tetapi mampu  mengaplikasikan semangat dan spirit itu dalam kehidupan kita sehari-hari. Maka dari itu kita mengambil judul “Zaman Renaissance” untuk membahasnya lebih luas lagi.

B.                 Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
1.      Apa yang dimaksud Zaman Renaissance?
2.      Bagaimana Pendidikan Jasmani pada Zaman Renaissance?
3.      Apa dampak Zaman Renaissance bagi peradaban manusia?

C.        Tujuan Makalah
1.          Mengetahui  maksud dari zaman renaissance.
2.          Mengetahui Pendidikan Jasmani pada Zaman Renaissance.
3.          Mengetahui dampak Zaman Renaissance bagi perkembangan pendidikan peradaban manusia.

D.        Manfaat Makalah
Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan bagainmana sejarah tentang “Zaman Renaissance” dalam pembelajaran mata kuliah dasar pendidikan jasmani.
                          
E.        Prosedur Makalah
Metode yang digunakan pada pembuatan makalah ini adalah berbentuk berupa pencarian dari berbagai sumber tentang zaman renaissance.

BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Zaman Renaissance
   Renaissance berasal dari bahasa Francis yang bermaksud pemulihan atau menghidupkan kembali aspek kebudayaan dengan memberi penekanan terhadap pemulihan budaya, meliputi aspek ilmu pengetahuan seperti sains, sastera dan seni klasik yang pernah menjulang Eropa sebagai pusat peradaban dunia. .

B. Sejarah Zaman Renaissance
Zaman Renaissance berlangsung selama dua abad dari pertengahan abad ke-14 sampai pertengahan abad ke-16. Awalnya bermula di Italia kemudian telah merebak keseluruh Eropa melalui perkembangan Intelektual dan pemikiran manusia. Zaman Renaissance disebut zaman kebangkitan atau kelahiran semula dan pemulihan budaya masyarakat Eropa.
Gerakan Renaissance adalah gerakan yang berpengaruh dalam perkembangan dan kemajuan manusia pada zaman itu hingga zaman sekarang. Manusia mempunyai kebebasan dalam mengembangkan diri dalam segala aspek dan segi tidak hanya dalam segi keagamaan saja, tetapi juga dalam segi ilmu pengetahuan, seni, budaya, penjelajahan, filsafat, dan berbagai macam disiplin ilmu lainnya. Pada zaman ini pula berkembang faham-faham pemikiran yang akan mempengaruhi bentuk pemikiran manusia pada zaman mendatang. Faham-faham itu meliputi rasionalisme, empirisme, idealisme, materealisme, dan positivisme.

C. Perkembangan Pendidikan Jasmani Pada Zaman Renaissance
Pada masa ini menekankan pada pengembangan manusia secara keseluruhan melalui pendidikan yang seimbang terutama untuk anak-anak orang kaya. Menurut Vitorino De Feltre tahun 1378-1446 orang italia yang humanis, berpandangan bahwa pendidikan haruslah mencakup mind, body and spirit (akal, tubuh dan jiwa/roh) dalam mengembangkan warga negara yang baik. Pendidikan berorientasi model Athena berupa membaca/belajar, berenang, anggar, berkuda, dan menari. Model Athena / Sistem Athena akan diperjelas ,yaitu:
·         Sistem Athena
Athena adalah negara demokrasi. Dasar yang dipakai adalah: Undang-undang Solon (± 594 SM). Berbeda dengan Sparta, tujuan pendidikan Athena adalah: membentuk warganegara dengan jalan pembentukan jasmani dan rohani yang harmonis (selaras). Ciri- ciri pendidikan di Athena adalah: (a) Pendidikan diselenggarakan oleh keluarga dan sekolah; dan (b) Sekolah diperuntukkan bagi seluruh warga negara (bebas).
Materi atau bahan pelajaran terbagi atas dua bagian: gymnastis dan muzis. Gymnastis untuk pembentukan jasmani, sedangkan muzis untuk pembentukan rohani. Pendidikan  jasmani  diberikan  di  Palaestra,  tempat  bergulat,  lempar  cakram,  melompat, lempar lembing (pentathlon atau pancalomba). Pembentukan muzis meliputi: membaca, menulis, berhitung, nyanyian, dan musik. Dalam perkembangannya dalam pembentukan muzis akan dipelajari artes liberales atau “seni bebas”, yang terdiri dari:
a)    Trivium (tiga ajaran), yaitu: grammatica; rhetorica (pidato); dan dialektika yaitu ilmu mengenai cara berpikir secara logis dan bertukar pikiran secara ilmiah;
b)   Quadrivium (empat ajaran), yang terdiri dari: arithmetica (berhitung); astronomia (ilmu bintang); geometria (ilmu bumi alam dan falak); musica.
Dalam membaca, diberikan dengan metode mengeja (sintetis murni); dan menulis dilakukan pada batu tulis yang dibuat dari lilin (Djumhur: 1976).
Polis Athena (terletak di Attica, Yunani Timur) merupakan polis yang paling menarik, berpengaruh, bebas, dan makmur diantara polis-polis lainnya. Pengaruh kekuasaanya mencapai puncaknya selama pemerintahan Pericles (461-429 SM).
Penduduk Athena terdiri dari penduduk asli, budak dan metich (penduduk asing). Sistem pendidikan di Athena bersifat liberal, individual, dan demokratis untuk menuju pada Epebhe Athena, yaitu warga negara yang harmonis, sehat dan kuat, cerdas otaknya, serta luhur budi pekertinya. Semua orang mendapatkan pendidikan sesuai dengan kedudukannya di masyarakat. Orang kaya dan bangsawan harus belajar ilmu pengetahuan dan kebudayaan, orang miskin belajar bertani dan kerajinan tangan, sedangkan anak-anak belajar membaca dan berenang.
Athena pada zaman klasik telah lama menggunakan model untuk  keseimbangan teoritis yang diperlukan dalam pendidikan oleh karena penekanannya terhadap pendidikan jasmani. Athena  benar-benar memperlihatkan perbedaan dengan Sparta dalam banyak hal. Walaupun Athena mulai sebagai satu oligarki, yang dikembangkan satu masyarakat demokratis yang berorientasi ke arah individu dari pada ke arah negara. Ini bagian konsep demokrasi, pada dasarnya untuk para laki-laki dari pada untuk para wanita, telah sedikit mempunyai hak.
Sistem Pendidikan Athena adalah pertama  telah mempertimbangkan modern, telah perduli terhadap semua pengembangan individu,  sekaligus secara mental dan  fisik. Semboyan tua menekankan  tujuan pendidikan sebagai " sebuah  pikiran  dalam satu badan  (mensano in corpore sano) menyatakan keseimbangan penting adalah jaminan mutu dari pendidikan Athenian. Proses menekankan pelatihan fisik, kebaktian (yang mencakup musik), pembicaraan di depan umum, dan belajar tradisi serta khususnya keadaan negara bagian. Berikutnya, "pengetahuan dari buku" telah ditambahkan ke daftar ini, sebagai baca-tulis menjadi keterampilan yang diperlukan. Pendidikan Athenian menghargai paideia, yang berarti “indah dan baik”. Ini merepresentasikan karakteristik ideal dari warga negara Athenian: Perasaan Estetis, pengetahuan, keterampilan fisik, dan satu perasaan kuat dari etika.
Sistem bidang pendidikan di Athena, seperti  pemerintahnya, terutama untuk para laki-laki: para wanita telah dididik di rumah dan telah sedikit mempunyai hak. Plato mengusulkan bahwa proses bidang pendidikan untuk anak-anak lelaki harus mulai dengan pendidikan jasmani pada usia sekitar enam tahun, dengan menambahkan tata bahasa pada umur sepuluh tahun, dan menambahkan musik pada umur tiga belas tahun. Pada kenyataannya, bagaimanapun, ketiganya bagian dari proses mulai pada waktu yang sama dan berlanjut sampai anak laki-laki mencapai usia delapan belas tahun serta masuk militer.
Keharmonisan antara pembentukan gymnist (kejasmanian) serta musis (kerokhanian dan kesenian) pada abad keempat agak mundur dan terganggu karena adanya beberapa faktor, yaitu: (1) timbulnya perkembangan kebudayaan dan pengetahuan; (2) mundurnya hidup keagamaan dan nasionalisme; dan (3) kekayaan serta hidup serba mewah yang meliputi para pemuda.
Sebelum usia 7 tahun pendidikan bagi anak-anak merupakan tanggung jawab keluarga. Pada usia 7 tahun ke atas, anak-anak diserahkan kepada drammatist untuk belajar membaca, berhitung, dan menulis, serta belajar ilmu musik dan menyanyi dari seorang chitarist. Anak-anak usia 14-18 tahun diberi latihan-latihan jasmani (berupa senam) dari seorang paidotribe. Setelah usia 20 tahun, mereka diakui sebagai warga negara penuh, berhak dan berkewajiban seperti orang dewasa.
Latihan-latihan jasmani untuk anak-anak orang kaya dilakukan gymnasium, dan yang lainnya di palaestra. Perlu pula diketahui bahwa mereka, kaum pria maupun wanita bangsa Athena, melakukan latihan-latihan jasmani dengan gymnos (telanjang), yang betujuan untuk memberikan kesempatan pada otot-otot tubuh dapat berkembang dengan sebaik-baiknya tanpa rintangan.
Program pendidikan jasmani untuk para pria lebih tua telah dikonsentrasikan di ruang olahraga. Nama untuk jenis dari sekolah latihan datang dari arti kata Yunani "telanjang," untuk para pria Yunani  dilatih dan dilakukan dengan telanjang. Ruang olahraga secara tetap dielaborasi, karena ruang telah diperlukan untuk berlari serta aktivitas-aktivitas melempar, telah dibangun diluar kota. Sebuah versi lebih kecil dari ruang olahraga, palestra, atau sekolah gulat, telah terletak di dalam kota dan digunakan terutama untuk  latihan anak sekolah laki-laki.
Seorang guru latihan fisik di palestra telah disebut satu paidotribe dan serupa dengan instruktur pendidikan jasmani masa kini. Orang-orang  dilatih atau melatih atlet-atlet untuk kompetisi  disebut ahli senam. Instruktur ini sering melelahkan atlet-atlet juara. Tugas-tugas mereka serupa dengan pelatih masa kini.
Tujuan dasar dari proses bidang pendidikan di ruang olahraga dan di palestra  tidak mengembangkan fisik untuk tujuan sendiri. Sebagai gantinya, tujuannya harus membangun kualitas setiap individu melalui penggunaan fisik. Aktivitas-aktivitas digunakan oleh orang-orang Athenian di palestra dan ruang olahraga sama halnya itu digunakan oleh Spartans, tetapi dengan penambahan latihan dirancang untuk meningkatkan keterampilan gerakan mereka, seperti postur dan mekanika dari gerakan yang anggun. Orang-orang Spartan ditekankan kepada  orang-orang yang  suka bertindak, tetapi orang-orang  Athenian mencari satu pengembangan harmonis dari individu melalui fisik dan kemampuan intelektual. Aktivitas-aktivitas fisik secara penuh diintegrasikan ke dalam proses pendidikan dibandingkan dalam peradaban lain sebelum atau karena Athena.
Untuk memuja dewa-dewa, bangsa Yunani mengadakan suatu pesta. Adapun pesta tersebut yang dikenal 4 macam, sebagai berikut. (1) Olympia. Pesta ini diadakan setiap 4 tahun sekali digunung Olympus yang bertujuan untuk menghormati dewa Zeus. Meskipun pesta ini hanya berlangsung selama lima hari, namun orang-orang Yunani memandangnya dengan begitu agung. Setiap peserta sangat diperhatikan agar dapat datang dan kembali dalam keadaan selamat, serta selama mengikuti pesta ini serta diharapkan tidak menemui rintangan apapun. Pesta Olympia memperlombakan lari, lompat jauh, lompat tinggi , dan lempar cakram. Juga lomba menggubah musik, puisi, dan meniup terompet, bahkan kontes kecantikan dan minum. Para pemenang dalam setiap lomba menerima mahkota yang terbuat dari daun salam. Cabang olahraga yang terkenal adalah marathon. (2) Phytia. Mula-mula pesta ini merupakan pesta musik untuk menghormati dewa Apollo (dewa cahaya dan kebenaran), lalu lalu ditambah dengan pesta olahraga. Tempat penyelenggaraannya di Delphi dan waktunya 4 tahun sekali. Olahraga yang paling menonjol dalam pesta ini adalah pacuan kuda dan perlombaan kereta (chariot race). (3) Isthmia. Pesta ini berlangsung di Chorintus. Acara pertandingannya yaitu berkuda, bersampan, dan musik, yang tujuannya untuk menghormati dewa Poseidon (dewa laut). Cabang olahraga yang lain meliputi main bola, angkat besi, tinju, gulat, pertarungan antar gladiator, dan perkelahian antara manusia dengan binatang. (4) Nemea. Pesta ini bertujuan untuk menghormati dewi Hera (istri dewa Zeus), dan diselenggarakan di Acropolis. Cabang-cabang olahraga yang diperlombakan hampir sama dengan pesta Isthmia.
Pendidikan warga negara sangat diutamakan di Yunani, terutama di Sparta. Segala kepentingan negara diletakkan di atas kepentingan individu (perseorangan). Dalam perkembangannya  muncul  keinginan  untuk  mendapat  kebebasan  pribadi,  terutama  dari kaum sofist.
Kaum sofist adalah kelompok orang yang tidak mengakui kebenaran mutlak dan berlaku umum. Mereka berpendapat, bahwa manusia adalah ukuran segala sesuatu (anthroposentris, anthropos:manusia; sentris:pusat). Sesuatu dianggap benar kalau itu menimbulkan keuntungan atau kemenangan. Kebenaran bersifat relatif (tergantung kapan dan siapa yang melihat).
Akibat dari ajaran sofisme tersebut adalah, turunnya nilai-nilai kebudayaan, merosotnya nilai-nilai kejiwaan, pembentukan harmonis antara jiwa dan raga dikesampingkan  dan  sebagainya.  Orang  mencari  pengetahuan  dengan  tujuan  untuk mencapai kebendaan semata (intelektual-materialistis). Kepentingan negara harus tunduk kepada   kepentingan   perseorangan.   Pendidikan   kecerdasan   lebih   penting   daripada pendidikan agama dan kesusilaan.

·         Dasar
Pada tahun-tahun awal, anak-anak Athena diajarkan di rumah, kadang-kadang di bawah bimbingan seorang guru atau pendidik. Mereka diajarkan moral dasar, sampai mereka mulai pendidikan dasar di sekitar tujuh tahun. Anak-anak diajarkan cara membaca dan menulis, serta bagaimana cara menghitung dan menggambar. Anak-anak diajarkan huruf dan suku kata itu, diikuti oleh kata-kata dan kalimat. Membaca dan menulis diajarkan pada waktu yang sama. Siswa akan menulis menggunakan stylus, dengan mana mereka akan menggores lilin ke papan yang tertutup. Ketika anak-anak sudah siap untuk mulai membaca seluruh karya, mereka sering akan diberikan puisi untuk menghafal dan membaca. Sebuah pendidikan dasar adalah pendidikan hanya tersedia untuk sebagian besar orang, terutama yang miskin. Anak-anak milik kelas sosial atas akan menerima pendidikan dasar formal sejak orang tua mereka akan mampu untuk menyewa seorang tutor atau mengirim mereka ke sekolah umum. Anak-anak yang berasal dari keluarga miskin, namun hanya akan ditawarkan pendidikan informal, dan tingkat eksposur mereka untuk mata pelajaran di atas akan langsung dihubungkan dengan pengetahuan orang tua mereka. Selain tidak memiliki uang untuk membayar untuk pendidikan formal, anggota kelas bawah kemungkinan besar akan diperlukan layanan anak-anak mereka di rumah hanya untuk menjadi mampu membeli makanan dan kebutuhan dasar lainnya.

·         Gedung Olahraga
Memiliki tubuh yang sehat secara fisik sangat penting bagi Yunani. Anak laki-laki Yunani akan mulai pendidikan jasmani baik selama atau setelah mulai pendidikan dasar mereka. Pada awalnya mereka akan belajar dari seorang guru swasta yang dikenal sebagai paidotribe. Akhirnya, anak-anak akan mulai pelatihan di gimnasium. Pelatihan fisik itu dipandang perlu untuk meningkatkan penampilan seseorang, persiapan untuk perang, dan kesehatan yang baik di usia tua. Secara tradisional, kehadiran di gimnasium menyelesaikan mayoritas pasca-dasar pendidikan di Athena. Itu tidak sampai sekitar 420 SM bahwa pendidikan menengah menjadi menonjol, yang menyebabkan kontroversi antara pandangan tradisional dan modern pendidikan. Mereka pandangan tradisional percaya bahwa meningkatkan "intelektual" akan menghancurkan kebudayaan Athena dan meninggalkan Athena pada posisi yang kurang menguntungkan dalam perang. Di sisi lain, mereka yang memiliki pandangan yang lebih modern merasa bahwa sementara kekuatan fisik itu penting, itu akan berkurang seiring waktu dan pendidikan yang harus digunakan untuk mengembangkan manusia seutuhnya, termasuk pikiran intelektualnya.

·         Sekunder
Setelah menyalakan empat belas tahun, anak laki-laki dari keluarga kaya memiliki pilihan untuk menghadiri sekolah menengah. Sebuah sekolah menengah mungkin salah satu yang permanen, atau bisa saja diterima dari guru perjalanan seperti Sophis atau filsuf lain termasuk Zeno dari Elea dan Anaxagoras dari Clazomenae. Pendidikan menengah meliputi mata pelajaran seperti ilmu pengetahuan alam (biologi dan kimia), retorika (seni berbicara atau menulis secara efektif), geometri, menyesatkan, astronomi dan meteorologi. Ajaran mata pelajaran ini menjadi sangat dihargai dalam masyarakat Athena, karena Athena percaya bahwa pendidikan intelektual merupakan komponen kunci dari seseorang identitas, membuat sebuah bagian penting dari reputasi seseorang. Keberhasilan di bidang akademik dapat membantu seorang individu mendapatkan rasa hormat dari teman-temannya. Dengan hal ini, pemimpin seperti Themistocles, Pericles, dan Alcibiades mampu mempengaruhi upaya politik dan militer dikejar oleh Athena.

·         Post-Sekunder
Anak-anak bisa melanjutkan pendidikan mereka setelah sekolah menengah dengan mendapatkan pelatihan ephebic. Mereka bisa mengajukan petisi untuk menjadi Ephebe pada usia delapan belas tahun. Pada abad kelima SM, pelatihan ephebic dimulai sebagai pendidikan militer, diikuti oleh dua tahun dinas militer. Kemudian, bagaimanapun, lebih sekolah akademis maju disertakan.
Seperti disebutkan sebelumnya, anak-anak dari keluarga miskin sering tidak dapat menerima pendidikan formal. Anak-anak ini, bagaimanapun, tidak benar-benar lupa. Solon, pemimpin Athena yang hidup pada abad ke-7 ke SM pertengahan 6th, berbuat banyak untuk mereformasi polisnya, dan mendorong ayah miskin untuk memberikan anak-anak mereka dengan pendidikan kejuruan. Dengan mengajar anak-anak perdagangan, mereka juga bisa dianggap sebagai anggota masyarakat yang produktif Athena.
Musik dan tari juga sangat penting untuk Athena. Sepanjang banyak tahapan pendidikan individu, ia didorong untuk berlatih menari, menyanyi dan bermain alat. Instrumen yang umum digunakan di Athena termasuk kecapi, seruling, dan kecapi. Dengan maju dalam menari, menyanyi dan bermain alat, yang akan membantu Athena melanjutkan tradisi yang merupakan komponen kunci dari sejarah Athena.
 Manusia mempunyai bermacam-macam keunggulan dan permintaan yang perlu diperhatikan, seperti seni, literature, politik, games and sport.
Martin Luther 1483-1546, pada waktu itu banyak orang tua yang kurang setuju untuk mendidik anak-anak menjadi priest dan nuns (pendidikan pada ranah intelektual dan dogma agama). Bagi Luther, anak haruslah mengadakan satu atau dua jam sehari di sekolah untuk belajar menulis, disamping menyediakan waktu untuk berolahraga. Ia percaya bahwa badan haruslah dipelihara untuk alasan spiritual maupun pekerjaan.
Abad pertengahan berakhir dengan datangnya zaman renaissance atau zaman kelahiran kembali. Pada awalnya berawal di Italia abad ke-13 dan berkembang ke utara barat Eropa selama dua abad. Perkembangan Pendidikan Jasmani Zaman Renaissance bermula pada tahun abad ke-14 sampai abad ke-17. Renaissance sangat penting bagi latihan dan pendidikan jasmani kerana ditandai oleh mulai timbulnya pemikiran pentingnya jasmani sebagai bagian dan keseluruhan individu yang menjadi kepercayaan pada umumnya. Zaman Renaissance adalah zaman ketika rakyat dalam alam dekadensi (menurunnya nilai moral) Roma dengan penguasaan berbarisme, muncul kembali melepaskan diri dari kedalaman lubuk abad gelap dan abd pertengahan dan mencapai tingkat budaya yang mengasimilasikan dan menghayati kembali Budaya Grik dan Romawi kuno.
Menurut Daver pada tahun 1995, ia berpendapat Pendidikan Jasmani adalah Sebagian dari program pendidikan yang menyeluruh, yang memberi sumbangan pada asasnya melalui pengalaman-pengalaman pergerakan kepada perkembangan dan pembangunan keseluruhan kanak-kanak.
Pendidikan Jasmani pada Zaman Renaissance kurang lebih sama seperti pendidikan jasmani pada masa kini. Zaman Renaissance yaitu suatu proses pengubahan dan pembelajaran yang berkaitan dengan organic, neuromaskular, intelektual, sosial, budaya, emosional dan estetik. Pendidikan Jasmani dilakukan untuk kebaikan diri sendiri, bukan untuk kebaikan orang lain. Pendidikan diberikan kepada lelaki walaupun perempuan dinilai sama rata.
Perkembangan Pendidikan Jasmani ada 3 kumpulan yang harus dipadukan menjadi satu yaitu realisme, humanisme dan moralisme. Pendidikan Jasmani Realisme itu menerima pendidikan fisikal sebagai sebagian daripada pemikiran yang dilihat dalam tubuh yang sehat. Selama ini, sebagian besar rakyat Eropa masih Katholik dan Katholik lebih menyukai aktivitas fisikal rekreasi dengan pandangan pandangan bahwa penjagaan tubuh perlu dilakukan. Namun, pada perkembangan Pendidikan Jasmani  mempunyai kelemahan pada sekitar abad ke-16 dimana Pendidikan Jasmani mempunyai banyak kebaikan, tetapi tidak diutamakan karena mereka percaya bahwa sesuatu yang tidak mempunyai tujuan khusus adalah sesuatu yang mubazir. Perkembangan Pendidikan Jasmani Moralisme yang dipengaruhi oleh Reformasi Protestan, melihat aktivitas fisikal hanya sebagai cara untuk melaksanakan pekerjaan. Perkembangan Pendidikan Jasmani Humanisme yaitu yang berpusat di Italia yang menghargai pendidikan jasmani seperti lari pagar, memanah, renang, lari dan permainan bola tangan.

D.      Dampak Zaman Renaissance dalam Perkembangan Pendidikan Peradaban Manusia.
Renaissance memicu kemunculan aliran pemikiran yang mementingkan kebebasan akal seperti aliran baru Eropa hingga abad ke 18 seperti humanisme, rasionalisme, nasionalisme dan absolutism.
Itali telah menjadi pusat ilmu yang terkenal di Eropa pada abad ke 15. Hal ini terjadi ketika Kota Konstantinopel yang dikuasai oleh orang Islam jatuh ke tangan orang barat pada tahun 1453. Keadaan ini telah menyebabkan ramainya para ilmuan Islam berhijrah ke pusat-pusat perdagangan di Itali. Dan hal ini menyebabkan Itali menjadi pusat intelektual terkenal di Eropa pada masa itu.
Renaissance telah membentuk masyarakat perdagangan yang berdaya maju. Keadaan ini telah melemahkan kedudukan dan kekuasaan golongan gereja yang senantiasa berusaha menyekat perkembangan ilmu dan masyarakat di Eropa.
Renaissance juga telah melahirkan tokoh-tokoh pemikir seperti Leonardo da Vinci yang terkenal sebagi pelukis, pemusik dan ahli falsafah serta jurutera. Michelangelo merupakan tokoh seni, arkitek, jurutera, penyair dan ahli anotomi. Melahirkan ahli-ahli sains terkenal seperti Copernicus dan Galileo. Melahirkan ahli matematika seperti Tartaglia dan Cardan yang berusaha menghuraikan persamaan ganda tiga. Tartaglia orang pertama yang menggunakan konsep matematika dalam ketenteraan yaitu mengukur tembakan peluru mariam. Cardan terlibat dalam penghasilan ilmu algebra.
   Sehingga dapat kita simpulkan bahwa jasa-jasa renaissance bagi perkembangan peradaban manusia adalah sebagai berikut:
1.        Tumbuhnya kebebasan, kemerdekaan, dan kemandirian individu.
2.        Berkembangnya ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.
3.        Munculnya faham pemikiran baru seperti humanisme, rasionalisme, empirisme, dan  materealisme.
4.        Runtuhnya dominasi gereja.
5.        Menguatnya kedudukan kaum bourgeois sehingga mereka tumbuh menjadi kelas penguasa.
6.        Mendorong pencarian daerah baru sehingga berkobarlah era penjajahan samudera.

BAB III PENUTUP 
I.          KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan, Zaman Renaissance bisa disebut dengan zaman humanisme. Zaman humanisme merupakan zaman menghendaki ukuran haruslah dari manusia bukan berasal dari Tuhan tetapi berasal dari akal, karena manusia itu bisa berfikir. Jadi Renaissance itu sama dengan Komunis, Individualisme yang tidak mau diatur oleh agama. Maka berakibat buruk terhadap perkembangan peradaban manusia karena mementingkan kebebasan akal sehingga keadaan dunia pada saat ini kacau dilihat dari segi akhlak dan berkembang menjadi modern pada teknologi.
Pada Zaman Renaisannce ini pendidikan Jasmani harus mempunyai tiga unsur yaitu mind, body and spirit. Pendidikan Jasmani pada Zaman Renaissance lebih kepada aktivitas keagamaan dan seni. Pendidikan Jasmani Juga merupakan salah satu saluran untuk memberikan ketenangan jiwa dan melahirkan tubuh badan yang sehat. Perkembangan Pendidikan Jasmani ada 3 kumpulan yang harus dipadukan menjadi satu yaitu realisme, humanisme dan moralisme.

II.        SARAN
Penyusunan makalah ini disusun dengan sedemikian banyak diskusi. Oleh karena itu, kekurangan dan kesalahan sudah pasti adanya. Kritik dan saran oleh pembaca alangkah baiknya disampaikan, agar makalah ini bisa menjadi lebih baik.

DAFTAR PUSTAKA

Abazel,Edward.2012.ZamanRenaissance.diakses dari    
Fityan.2012.Renaissance.diakses dari
Hardiman,Budi.2011.Pemikiran-pemikiran yang Membentuk Dunia Modern (Dari Machiavelli sampai Nietzsche).Jakarta:Erlangga
Hariadi,Adi.2012.Abad Renaissance.diakses dari
Waluyo,Herman J.2007.Pengantar Filsafat Ilmu.Salatiga:Widyasari Press


0 komentar:

Posting Komentar